//
you're reading...
IT

Beautiful Women in Open Source

Kita pasti bertanya-tanya dengan judul diatas, karena mungkin saat ini masih jarang sekali wanita yang terjun dan terlibat  di dunia Teknologi Komputer apalagi didunia Open Source. Dari sekian banyak programmer, developer, aktivis dan lain sebagainya dalam dunia open source, hanya sekitar 1,5% dari mereka adalah wanita.

Untuk itu marilah kita liat profil-profil terkenal dari sebagian yang 1,5 % tersebut

Winifred Mitchell Baker
ImageAnda pengguna Mozilla Firefox ? seharusnya Anda kenal dengan Mitchell Baker. Winifred Mitchell Baker, lebih dikenal hanya sebagai Mitchell Baker adalah Ketua Yayasan Mozilla dan mantan Ketua dan Chief Executive Officer Mozilla Corporation, anak perusahaan dari Mozilla Foundation bahwa koordinat pengembangan sumber aplikasi Mozilla membuka Internet, termasuk Mozilla Firefox web browser dan Mozilla Thunderbird email client.

Dia mengkoordinasikan isu-isu bisnis dan kebijakan dan duduk menjadi Dewan Direksi di Mozilla Foundation  dan Mozilla Corporation. Pada tahun 2005,  termasuk dalam daftar tahunan 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Valerie Aurora
ImageSebelumnya beliau menggunakan nama Val Henson, sehingga banyak di antara sesama developer yang tidak tahu bahwa dia sesungguhnya adalah seorang perempuan, Valerie adalah salah seorang penulis, developer serta hacker kernel Linux yang aktif selama lebih kurang 14 tahun lamanya, aktivis feminis, dan salah seorang pendiri Ada Initiative yaitu organisasi non-profit untuk mempromosikan perempuan dalam teknologi terbuka dan budaya.

Valerie pernah bekerja di IBM, Intel, Sun Microsystems (untuk pengembangan filesystem ZFS), serta Red Hat untuk pengembangan filesystem ext4 sebelum akhirnya keluar dan memfokuskan diri di organisasi non-profit yang didirikannya bersama Mary Gardiner, Ada Initiative.

Zaheda Bhorat
ImagePada awal-awal open source dia berhasil dengan proyek komunitas OpenOffice.org. Beliau adalah seorang Open Source Programs Manager di Google. Dia memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman industri perangkat lunak, memegang gelar BSc di bidang Ilmu Komputer dan tinggal di California.

Stormy Peters
ImageSebenarnya nama depannya adalah Robyn, Peters saat ini menduduki jabatan Head of Developer Engagement di Mozilla. Dia adalah salah satu pendukung utama FOSS (Free and Open Source Software)
Peters pernah bekerja untuk OpenLogic sebagai direktur manajemen produk sebelum akhirnya keluar dan menjadi salah satu direktur eksekutif di GNOME Foundation.

Peters telah menjadi pembicara di banyak konferensi Open Source yang di antaranya, Open Source Business Conference, linux.conf.au, Gnome.Asia Summit serta Ohio LinuxFest 2010 lalu.

Allison Randal
ImageAllison Randal adalah programmer kawakan bahasa pemrograman C dan Perl. Pada tahun 2006 dia dipilih untuk menjadi chief architect dalam proyek sebuah mesin virtual bernama Parrot. Ia juga seorang anggota dewan direktur untuk The Perl Foundation, seorang anggota dewan direktur untuk Python Software Foundation, dan mantan Ketua Parrot Foundation. Sejak Agustus 2010 lalu Allison Randal bekerja untuk Canonical sebagai Technical Architect dalam proyek Ubuntu.

Selain developer, Allison juga seorang penulis buku yang di antaranya adalah Perl 6 Essentials. Allison juga pernah bekerja untuk O’Reilly Media sebagai direktur program sebuah acara konvensi tahunan untuk mendiskusikan free and open source software bernama O’Reilly Open Source Convention (OSCON).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: