//
you're reading...
IT

Mengusir Virus Komputer

virusSetelah seharian merasa jenuh karena merasa tidak ada aktivitas yang mempunyai nilai tambah sama sekali, akhirnya aku putuskan melakukan blogwalking kemana-mana, berkoar-koar meninggalkan jejak berupa comment-comment, entah penting ataupun kagak, i don’t care lah. Akhirnya, tiba juga di blog salah satu teman yang isinya keren banget. Sempat baca beberapa hasil postingannya, bercomment-comment ria. Dan…akhirnya menemukan hal menarik yang menurutku bagus untuk di share sama teman-teman. Kebanyakan teman-teman kesulitan karena laptop/PCnya beberapa kali harus nginep di kosku, entak karena aku pinjem ataupun minta dikurik-kurik…hihihi…Nah…untuk menghindari masalah PC atopun Laptop yang berhubungan sama virus, ada cara ampuh nih. Meskipun tidak 100% bisa mengatasi, tapi lumayan ampuh untuk mengurangi terjangkitnya PC/Laptop dari virus.

LETS…CAKEDOT…

1. Matikan Automatic Autorun CD
Caranya : buka Regedit, pilih HKEY_CURRENT _USER >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion >> Policies >> Explorer.
Cari item yang bernama NoDriveTypeAutoRun. Klik kanan, Pilih Modify, kemudian ubah nilai/value yang ada menjadi b5, kemudian tekan OK.

Jika tidak ada item NoDrive TypeAutoRun, klik kanan pada area yang kosong pada key Explorer, lalu pilih New, pilih DWORD value. Setelah key DWORD muncul, ubah namanya menjadi NoDriveTypeAutoRun. Setelah itu klik ganda DWORD baru tadi, dan isikan b5 pada opsi Hexadecimal, kemudian tekan OK.

2. Matikan Proses Eksekusi File *.exe Melalui Flashdisk
Dengan cara ini maka file *.exe tidak bisa dijalankan melalui flashdisk, sehingga harus di copy dulu ke harddisk. Memang cara ini akan sedikit mengganggu kenyamanan, namun akan bisa mengurangi dari proses penyebaran virus komputer.
Adapun caranya : Start >> Control Panel >>Administrative Tools >> Local Security Policy>>Software Restriction Policies >> Additional Rules>>Additional Rules, klik kanan >> pilih New Path Rule>>Pada kolom Path>> pilih Browse pilih dimana drive flashdisk berada, misal di I:\ >>Pada kolom Security Level, pilih Disallowed>>Pilih OK dan Restart komputer

3. Tampilkan semua ekstensi file di komputer
Caranya : Di windows explorer buka menu Tools >> Folder Options… kemudian pilih tab View Kemudian pilih (aktifkan) opsi “show hidden files and folder”, hilangkan check pada pilihan “Hide extensions for known file types” juga hilangkan tanda check pada “Hide protected operating system files (Recommended)”.

4. Hati-hati terhadap file di flashdisk yang tampilannya mencurigakan
File yang perlu dicurigai adalah jika ada file di dalam flashdisk yang berekstensi *.vbs, *.scr, *.exe tapi menggunakan icon seperti folder, Ms word, Mp3 atau yang lain yang menurut kita tidak sewajarnya. Segera hapus file tersebut dari flashdisk. Saat akan meng-copy file dari flashdisk, cek apakah ada file yang menurut anda mencurigakan, jika ada segera hapus saja file yang mencurigakan tersebut.

5. Hati-hati terhadap file keygen
Jika anda sering mendownload dan menggunakan software bajakan, hati-hati terhadap file keygen yang disertakan didalamnya. Karena bisa jadi dalam file keygen telah dimodifikasi serta disusupi virus-istilahnya adalah trojan. Jadi lebih baik gunakan crack yang berupa SN atau text, jangan gunakan carck yang berupa file *.exe.

6. Gunakan software proteksi file system
Semisal kita menggunakan software Deepfreez. Dengan menggunakan bantuan software ini maka walaupun file system dikomputer kita terserang virus, maka saat komputer di restart system akan kembali seperti saat semula. Hanya saja harus hati-hati jika menggunakan software ini, setting terlebih dahulu saat install deepfreeze. Setelah itu jangan menyimpan file di drive yang di deepfreeze karena setelah komputer direstart file akan ikut hilang. Jadi saat install, setting agar yang di deepfreeze hanya drive c saja.

7. Backup file atau dokumen penting anda
Hal ini untuk menjaga agar ketika suatu saat komputer kita mendapat serangan virus yang benar-benar bandel dan komputer kita harus di format ulang, maka kita telah mempunyai cadangan file atau dokumen penting kita. Jadi kita sudah tidak lagi perlu bersusah payah untuk melakukan backup data.

8. Gunakan antivirus yang selalu di update
Seberapapun kehebatan sebuah antivirus, namun jika tidak pernah diupdate maka virus komputer suatu saat akan dapat menembus sistem keamanan komputer kita. Karena semakin hari jenis dan macam dari virus komputer selalu berkembang, baik dari cara kerja maupun file yang akan diserang. Scan selalu file yang akan masukkan ke komputer anda.

9. Bertanya dan mencari tahu
Jika virus komputer masih tetap bisa tembus menyerang komputer kita, dan kita tidak bisa mengatasinya, cobalah untuk bertanya pada orang yang lebih paham tentang komputer atau yang pernah mengalami terserang virus komputer tersebut. Jika tidak ada, coba untuk berselancar ke internet untuk menanyakan tentang cara mengatasi virus komputer yang sedang menyerang komputer anda.

Pict source

Discussion

9 thoughts on “Mengusir Virus Komputer

  1. kencrengggg

    masa aq disuruh ngoment
    maksa pula

    wah makasih sri
    tulisanmu sangat berguna sekali buatku, apalagi skr lagi sibuk2nya nyimpen data TA, jadi jangan sampe kena virus

    makasih creng
    you saved my live(ha ha ha , piye creng commentq)

    Posted by sahkunbaek | March 3, 2009, 11:04 pm
  2. nice post gan

    cba di laptopku po’o

    ni lgi brkembang virusnya di lptopku

    bsok coba ya di laptopku

    Posted by rama | March 4, 2009, 11:26 am
  3. @sahkun
    wew masa samean diapksa komen mas? wah parah ni… promosinya g sehat🙂

    @crenk
    pizzz

    Posted by up1x | March 4, 2009, 4:39 pm
  4. Gunakan antivirus yang selalu di update, ni yang paling penting😀
    dan jgn lupa update pngetahuan tentang virus di vaksin.com😀

    Posted by cipzto | March 4, 2009, 9:31 pm
  5. 🙂

    Posted by Sarimin | March 5, 2009, 9:52 am
  6. 🙂🙂

    Posted by Sarimin | March 5, 2009, 9:55 am
  7. dari semua informasi tentang cara penanggulangan virus itu. aku paling tertarik ma gambarnya…. lucu banget. ajarin gambar dong.

    hehehe kencrenk.
    recomended antivirus adlah avira antivir.

    Posted by jus | March 6, 2009, 11:58 pm
  8. pake antivirus dan selalu update donk…

    Posted by Rozy | March 17, 2009, 10:20 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Virus Komputer « Asep supandi's Blog - March 1, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: