//
you're reading...
Islam

Manfaat Belajar Sejarah

Bagian favorit sebuah Novel Pembangun Jiwa Karya Kang Abik. Sungguh lelaki sempurna dengan keseimbangan kemampuan otak dan kemampuan mengolah tutur katanya. Bagian yang sangat sayang jika dilewatkan ketika Assisten Professor muda cantik dengan gelar Doktor, Anastasia Palazzo bertanya kepada mahasiswa, Ayyas, mengenai tujuannya mempelajari sejarah.

“Kau kelihatannya begitu bersemangat mempelajari sejarah. Sebenarnya manfaat apa yang kau dapatkan dari sejarah?”

Wah, saya merasakan banyak sekali manfaatnya Doktor. Misalnya, yang saya rasakan saat ini, dengan mempelajari sejarah saya bisa mencium harumnya parfum seoang gadis cantik Rusia, sesekali bisa memandangi wajahnya yang segar, saya bahkan bisa melihat kecantikan tsarina Rusia yang ditulis dalam buku-buku sejarah itu langsung. Bahkan lebih dari itu saya bisa melihat perpaduan kecantikan tsarina Rusia yang dibawa Kaisar Roma. Pemandangan yang tidak akan saya dapat kalau saya mempelajari Aritmatika yang hanya berjejal angka-angka.

Dengan mempelajari sejarah, saya bisa mengenal sosok yang bisa menginspirasi untuk lebih maju. Sosok yang masih sangat muda sudah meraih gelar doktor. Sosok yang tumbuh dalam murninya udara Novgorod, kota para kesatria. Sosok yang sejak kecil dijaga kesuciannya oleh ibunya yang teguh memegang ajaran agamanya.

Dengan mempelajari sejarah saya bisa melihat mukanya yang marah ketika salah satu gurunya mengajarkan teori Darwin. Sosoknya benar-benar murni. Di kamarnya, di depan cermin ia berkata sambil memandangi wajahnya. “Kata Darwin kau keturunan kera. O tidak, tidak! Darwin itu bodoh! Kau keturunan ibumu yang anggun. Dan ibumu keturunan dari ibunya yang lebih anggun, begitu terus. Nenek moyangmu adalah manusia. Darwin salah menulis asal usul manusia.”

Dengan mempelajari sejarah, saya bisa mencium aroma darah yang mengalir dari para penduduk kota St. Petersburg ketika mati-matian mempertahankan kotanya dari serbuan Nazi Jerman dalam perang dunia kedua. Juga saya bisa mencium aroma parfum gadis itu ketika ia duduk di bangku St. Petersburg University.

Saya bisa merasakan angan-angannya untuk kuliah di Sorbone, Paris, sehingga ia berdarah-darah mempelajari bahasa Perancis, sampai saya bisa mendengar dia berteriak-teriak melafalkan kosa kata Perancis seperti orang gila di kamarnya. Tekadnya luar biasa. Lalu saya bisa melihat bening-bening tetes air matanya ketika ibunya melarangnya pergi ke Paris. Ibu dan ayahnya memaksanya untuk ikut ke India karena tugas negara. Terpaksa ia kuliah di kota yang kumuh dan sering banjir, di kota Calcutta. Tapi semangat gadis itu seolah melebihi Mahatma Gandhi, semakin sengsara semakin dahsyat. Di Calcutta, dengan segala penderitannya ia bisa menyelesaikan masternya dengan gemilang, yang karenanya seorang professornya mengusahakan beasiswa untuknya di Cambridge University. Dan gadis itu akhirnya menyelesaikan doktor sejarahnya dengan gemilang. Salah seorang pengujinya langsung menariknya ke Moskwa untuk menjadi assistennya.

Dengan mempelajari sejarah saya bisa memahami kenapa gadis itu mengepalkan tanganya di depan patung Stalin. Saya bisa memahami kenapa ia menantang Stalin dengan mata merah menyala dan mengatakan, “Hai Stalin, Jika Herbert Morrison mengatakan bahwa kau adalah orang besar, hanya saja kau bukan manusia yang baik. Makan akan kukatakan kau adalah manusia kerdil dan bahkan tidak layak disebut manusia!” Saya juga bisa mendengar suaranya yang lembut ketika merayu Tuhan untuk memberikan tempat terbaik bagi ayah yang dicintainya ketika ayahnya itu meninggal. dengan membaca dan mempelajari sejarah saya bisa merasakan pengalaman-pengalaman manusiawi yang indah, yang jika ditulis bisa menjadi karya dahsyat dengan segala genrenya.

Kini Doktor Anastasia Palazzo gantian berdegup tak teratur jantungnya. Tubuhnya seperti melayang karena merasakan efek dahsyat dari kata-kata Ayyas, yang sebenarnya menceritakan perjalanan hidupnya sejak kecil sampai ia mengajar di Universitas Negeri Moskwa. Ayyas menjawab manfaat mempelajari sejarah dengan bahasa sindiran yang halus. Hampir seluruh manfaat dan fungsi mempelajari sejarah yang dirumuskan Louis Gotchalk terjabarkan dengan indah. Kegunaan edukatif, instruktif, inspiratif dan rekreatif terselip rapi dalam penjelasan Ayyas.

Bahkan manfaat sejarah seperti yang dirumuskan Robert Jones Shafer ada di ujung kalimat Ayyas. Bahasa Ayyas bahkan terasa lebih anggun. Ketika Robert Jones Shafer mengatakan, di antara manfaat sejarah adalah “memperluas pengalaman-pengalaman manusiawi”, Ayyas membahasnya dengan “bisa merasakan pengalaman-pengalaman manusiawi yang indah, yang jika ditulis bisa menjadi karya dahsyat dengan segala genrenya.”

Lebih dari itu, belum pernah ada orang yang menyanjung dirinya seindah dan seanggun Ayyas. Meskipun Ayyas tidak terang-terangan menyebut namanya dalam sosok yang diceritakannya itu, tapi sosok itu adalah dirinya itulah yang membuat hatinya bergetar. Jujur ia ingin ada namanya disebut dalam penjelasan itu, tapi sama sekali tidak disebut oleh Ayyas. Jiwanya sebagai perempuan muda yang suka dipuji kecantikan dan kelebihan-kelebihannya terbit. Maka ia tidak bisa mencegah hatinya untuk bertanya,

“S s siapakah yang katamu memiliki perpaduan kecantikan Tsarina dan wibawa Kaisar Romawi itu?” Suara Anastasia begetar, mukanya kemerah-merahan.

Ayass tersenyum. Ia merasa sudah di atas angin.

“Doktor anastasia adalah pakar sejarah jebolah Cambridge, pasti sangat mnenguasai teori interpretasi sejarah. Silahkan Doktor tafsirkan sendiri, siapakah sosok itu. Yang jelas sosok itu jika gugup mukanya memerah, sehingga kecantikan tsarina tercantik pun lewat olehnya.”

Tubuh Anastasia seperti melayang mendengarnya. Ada kebahagiaan dan keindahan luar biasa yang tiba-tiba dirasakannya. Dalam hati ia menjerit kecil, “Oh, Puji untukmu Tuhan!”

BUMI CINTA p103-106

About Yuni

Sempurna

Discussion

2 thoughts on “Manfaat Belajar Sejarah

  1. thank you for your information that i’m really looking for and need. wish you always do the best for student just like me. :)

    Posted by Wiedya Maede | September 3, 2011, 6:54 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,949 other followers

%d bloggers like this: